Selasa, 18 September 2007

Interview Dengan A’a ron

Seperti yang telah disarankan oleh Steve, bahwa, jika kita memang serius untuk dalam urusan membangun traffik dan memonetize blog, kita harus rajin-rajin mengikuti setiap perkembang dan perubahan yang terjadi, khususnya dalam dunia blogosphere. Dan dia juga menganjurkan kita, untuk menjadi subscriber dari Probloger.net.

Karena aku serius ingin membangun traffik dan memonetizenya nanti, aku mengikuti saran yang diberikan olehnya. Aku telah menjadi salah seorang subcriber dari Problogger.net. Dan benar apa yang dikatakan oleh Steve. Darren memang pintar mencari berbagai peluang untuk blogger yang ingin menghasilkan income dari blognya. Ini bisa kita ketahui setelah mengobok-obok berbagai postingnya.

Beberapa saat yang lalu, Darren membuat posting terbarunya yang berisi interview yang dilakukanya dengan Aaron Wall, pemilik dari SEO Book. Aku sangat tertarik dengan isi dari interview tersebut. Interview itu membahas mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan dunia SEO dan blogging tentunya, karena blog Darren memang sangat memperhatikan dunia blogging.

Mengapa Darren tertarik untuk menginterview Aaron Wall ini? Menurut pengakuan Darren, Aaron adalah orang yang telah memberikan pengaruh besar pada hasil incomenya. Itu terjadi setelah Darren membeli dan membaca buku yang ditulis oleh Aaron yang berisi berbagai tips mengenai SEO, dan mengamalkannya.

Jadi, sekalipun mungkin kita belum beruntung bisa membeli buku tersebut, kita mungkin masih bisa mendapatkan beberapa pelajaran berharga dari hasil interview yang dilakukan oleh Darren. Namun sebelum itu, akan lebih baik jika kita mengenal siapa Aaron ini sebenarnya. Siapakah a’a Aaron itu?

A’a Aaron adalah seorang blogger yang telah menulis sebuah buku yang populer mengenai SEO. Dia juga telah banyak mempublikasikan website dan memberikan layanan konsultasi mengenai SEO bersama rekannya Scott Smith di ClientsideSEM.com. Dia juga menawarkan banyak tools gratis yang bisa digunakan untuk melakukan riset-riset mengenai SEO.

Kamu juga mungkin tertarik untuk mengetahui bagaimana awalnya Aaron bisa terjun dalam dunia SEO. Menurut ceritanya, saat pertama dia memulai website pada tahun 2003, dia mempunyai keinginan agar orang lain melihat dan membaca opininya.

Dan dia akhirnya mengetahui bahwa, cara termurah dan termudah untuk melakukan itu adalah dengan belajar bagaimana agar bisa mendapat rangking yang tinggi di search engine. Dia banyak bertanya di berbagai forum dan sering menjadi pemulai diskusi. Sampai akhirnya dia mendapatkan sebuah situs yang mendata semua catatannya mengenai SEO, dan juga ada orang yang mau menyewanya. Beberapa bulan kemudian orang yang menyewanya tersebut mendapatkan hasil 20X lipat dari biaya yang dikeluarkannya untuk membayar si Aaron.

Pada tahun 2003 dia berhasil menduduki posisi pada top 10 di halaman hasil pencarian Google untuk keyword search engine marketing, dan artikelnya tentang Florida Update menjadi populer hingga dia mendapatkan lebih banyak klien.

Kita juga tentunya ingin mengetahui alasan sebenarnya si Aaron ini menulis SEO Book. Menurutnya, jaman dahulu kala, saat pengetahuan dan pengalamannya masih sangat minim, dia sering mengikuti dan bergabung dengan berbagai perusahaan yang ngakunya bisa memberikan berbagai pengetahuan yang dibutuhkannya, yaitu mengenai SEO.

Namun apa yang didapatkannya seringkali tidak sesuai dengan apa yang dinginkannya. Setelah semakin banyak pengetahuan dan pengalaman yang didapatkannya, dia berpikir bahwa sudah saatnya dia membagikan apa yang telah dipelajarinya selama ini.

Buku tentang SEOnya yang pertama hanya berisi 24 halaman HTML yang diberikannya secara gratis pada tahun 2003. Dengan semakin berkembang dan semakin rumitnya dunia SEO, pengalaman dan pengetahuan ikut meningkat. Sebagai hasilnya, buku yang dituliskannya sekarang berisi 300 halaman yang berisi berbagai pendapat dan pemikitannnya serta berbagai idenya mengenai segala hal yang berhubungan dengan SEO.

Lalu Darren bertanya, saat tiba waktunya bagi blogger untuk membangun link untuk blognya, teknik-teknik apa yang direkomendasikan Aaron untuk si blogger tersebut. Apakah dengan cara membeli link, menggunakan situs media sosial, bertukar link, linkbait, atau yang lainnya mungkin?

A’a Aaron pun menjawab... aku menganjurkan untuk mencoba semuanya dan membandingkan hasilnya, mana yang terbaik untuk mu. A’a Aaron juga memberikan beberapa trick yang mungkin bisa di gunakan. Walaupun dia sudah mencoba sendiri beberapa trick tersebut dan tidak mendapatkan hasil yang memuaskan, namun siapa tahu mungkin kita mempunyai peruntungan yang lebih baik. Berikut ini beberapa tips yang diberikannya untuk blog yang sedang membangun link.

Dia tidak merekomendasikan kita untuk membeli link, karena itu hanya akan menambah biaya pengeluaran yang mungkin hasilnya tidak sesuai dengan biaya yang sudah kita keluarkan. Dia lebih merekomendasikan kita untuk terdaftar dalam Yahoo! Directory dan beberapa Directoy umum yang berkualitas lainnya, juga beberapa direktori blogging jika kita memang serius untuk membangun bisnis jangka panjang.

Membuat komentar pada beberapa blog yang mempunyai tema yang berhubungan, dan berpartisipasi dalam komunitas-komunitas blogger lainnya yang mempunyai tema yang berhubungan. Jika menggunakan cara ini, kita mungkin memang tidak mendapatkan link secara langsung. Tapi link akan mulai mengalir saat kita mulai mendapat banyak subscriber. Kita harus meningkatkan pemahaman mengenai dunia internet dan blogging, jika kita masih baru dalam dunia tersebut, dan jika kita memulai dari bawah. Setelah pengetahuan kita meningkat, banyak orang akan mulai membicarakan kita, hanya karena mereka menjadi subscriber dari blog yang kita punya.

Beli iklan yang spesifik dari situs yang spesifik.

Pilih konsep yang masih jarang digunakan dan gunakan konsep tersebut dengan baik, kemudian kirimkan email kepada orang-orang yang mungkin tertarik dengan topik tersebu. Jangan lupa untuk mengirimkan ping pada orang-orang yang kita kenal, terutama jika kita sudah pernah membantu mereka juga.

Buat content untuk sosialisasi dalam usaha untuk meningkatkan pemasaran. Misalnya dengan menginterview orang-orang yang ngetop dalam bidang yang mempunyai hubungan dengan tema blog kita, membuat berbagai tools, membuat sayembara, memberikan berbagai penghargaan, etc.

Satu hal lagi yang ditambahkan oleh a’a Aaron ini yaitu, membangun link lewat berbagai media sosial dari situs-situs yang bersifat umum mungkin bukanlah hal yang cukup berguna untuk dilakukan. Terlebih jika kita hanya mempunyai waktu beberapa jam untuk online perharinya.

Akan lebih baik jika kita menggunakan waktu tersebut untuk membaca atau berpartisipasi pada situs-situs khusus yang berhubungan dengan topik blog, atau gunakan waktu-waktu tersebut untuk menulis content.

Lalu, strategi apa yang pernah digunakan oleh a’a Aaron, dan yang menurutnya adalah strategi terbaik untuk membangun link? Yaitu, dengan cara membuat software gratis dan membagikannya. Kamu akan terkejut saat mendapatkan link-link yang berkualitas saat kamu melakukannya.

Salah satu Google Gadgets yang dibuat oleh a’a Aaron ini telah menghasilkan 30.000 page view perminggunya. Dia juga menyukai menggunakan strategi awards program dan menginterview para selebritis di bidang SEO.

Kemudian si Darren meminta a’a Aaron untuk memberikan tiga buah tips yang paling penting untuk diketahui oleh para blogger dan harus diimplementasikan. A’a Aaron malah memberikan lima buah tips (minta tiga dikasih lima). Lalu apa lima buah tips mengenai SEO yang diberikan olehnya tersebut.

1. Attribut sangatlah penting. Melinklah pada blogger-blogger yang populer dan berbagai sumber lainnya agar mendapatkan perhatian mereka. Itu seperti kamu berkata ”hey, aku membicarakan mu, datang dan lihatlah apa yang aku katakan tentang mu.” Banyak yang akan mengabaikanmu, tapi hanya akan membutuhkan beberapa blogger yang bagus yang menyukai mu agar blog mu bisa menyebar seperti rumput liar.

2. Pastikan bahwa format dari content mu mudah untuk dibaca. Gunakan heading atau sub heading, bullets lists, etc. Kamu benar-benar membutuhkan agar orang membaca content mu dan mempercayai content mu agar search engine juga mempercayai mu. Search engine mengikuti apa yang dilakukan orang.

3. Pastikan judul halaman mu unik pada setiap level post. Ini akan membantu untuk meningkatkan rangking dan membuat orang untuk lebih menyukainya dan mengklik pada daftar mu saat kamu mendapat rangking. Judul yang deskriptip dan menarik akan mendapat lebih banyak dari judul yang membosankan dan tidak jelas.

4. Jangan abaikan navigasi internal. Kapan pun memungkinkan, usahakan beberapa kategorimu untuk memberikan nilai tambah bagi strategi keyword mu. Beberapa kategori mu harus diarahkan dengan baik dengan cara menambahkan beberapa keyword mu.

Buat top hits atau bagian feutured posts yang akan membuat mu menjadi lebih mudah untuk menemukan content mu yang terbaik. Juga tambahkan link pada artikel mu yang lama dari artikel mu yang lebih baru, ini penting agar pembaca-pembaca baru bisa menemukan artikel-artikel terbaik mu yang berada dalam arsip, dan membantu search engine untuk memahami halaman mu yang mana yang menurut mu adalah halaman terbaik.

5. Jika banyak orang yang menulis hal yang sama dengan yang kamu tulis, cobalah untuk menulis sesuatu yang berbeda atau cobalah untuk menuliskannya dari perspective yang berbeda, agar orang tetap tertarik dengan content mu. Jangan takut untuk menjadi diri sendiri. Seringkali, kesalahan kita lebih menarik bagi orang lain, dibanding hal-hal yang sudah semestinya kita lakukan dengan benar.

Pertanyaan Darren selanjutnya? Apa kesalahan terbesar yang kamu lihat sering dilakukan oleh blogger dalam hal SEO? Coba kita dengar pendapat a’a Aaron...

Aku rasa kesalahan ini bukan hanya khusus dilakukan oleh blogger, tapi ini lebih bersifat umum. Kamu mungkin sering melihat situs sampah yang mendapat rangking yang tinggi, atau melihat sebuah situs yang lebih buruk dari situs mu tapi mendapat rangking yang lebih tinggi.

Tapi kamu tidak bisa mengalahkan mereka dengan cara mengikuti cara yang mereka gunakan atau arah yang mereka ambil. Untuk beberapa waktu beberapa dari situs tersebut mungkin memang mendapat rangking yang lebih baik di pasaran. Tapi jika saat ini mereka membuat situs yang sama, mereka tidak akan mendapat apa-apa. Karena mereka hanya mempublikasikan sampah, sementara ada situs bagus yang juga mendapat rangking.

Jangan terlalu percaya bahwa jika kamu mengikuti cara yang digunakan orang lain atau benar-benar meniru apa yang dilakukan oleh situs lain, maka kamu akan mendapat rangking yang sama. Kamu benar-benar harus mengembangkan pengetahuan dan karakter mu untuk membangun sebuah merek.

Lalu Darren bertanya hal yang lainnya lagi... Apakah Page Rank masih tetap penting? Lalu apa jawab a’a Aaron...

Harap diingat bahwa toolbar PageRank semakin lama semakin ketinggalan jaman, dan masih menggunakan skala pengukuran yang kasar, tapi, yup, pagerank masih tetap penting. Alasannya adalah untuk mendapatkan jumlah link equity, yang hanya bisa kamu dapat dari berapa banyak halaman yang diindex. Semakin banyak link authority yang kamu miliki, semakin dalam search engine akan merambah situs mu.

Lalu apa yang ditanyakan oleh Darren kemudian? Seberapa penting blogging bagi bisnis mu secara umum? Dan a’a Aaron menjawab...

Penting sekali. Saat yang lain membeli kompartement seharga $5000 di ruang konferensi dan menghabiskan $500 per hari untuk Adword, marketing yang aku lakukan tidak mengeluarkan biaya sedikit pun, karena aku banyak menghasilkan penjualan dari orang-orang berbicara tentang aku.

Ditambah lagi, blogging memberikan kesempatan yang besar bagiku untuk lebih terexpose oleh media. Dengan hanya mempunyai satu artikel yang populer, aku belum mempunyai nama dalam bidang SEO saat aku memulai SEO Book, tapi sekarang aku mempunyai ribuan subscriber dan ribuan konsumen. Blogging adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam bisnis ku saat ini.

Aku banyak berbicara dengan blogger-blogger yang ingin melaunching sebuah e-book – apa yang sudah kamu pelajari dari pengalaman mu dalam melaunching SEO book? Tanya si Darren selanjutnya... dan a’a Aaron pun menjawab...

Sebenarnya aku sudah menulis 9 halaman blog post yang menawarkan banyak tips mengenai topik ini.

Sebagai intinya, mempunyai nama yang tenar akan membantu, jaga agar situs mu tetap bersih, tempatkan penawaran mu didalam content, berikan banyak hal yang bermanfaat, berikan review copy, dan teruslah mengedepankan pentingnya public relations.

Jika kamu berada dalam pasar yang kompetitif, berusahalah agar orang selalu membicarakan mu setiap hari, ini sangat penting. Jika memungkinkan, usahakan untuk menemukan niche yang tidak terlalu kompetitif, bahkan kamu bisa menjalankan niche tersebut dengan cara membayar seorang penulis penulis dan sekaligus juga untuk melakukan marketing.

Kamu juga bisa melakukan uji coba pemasaran, sebelum kamu membuat produk. Yaitu dengan cara membuat penawaran melalui program PPC, dan kemudian menjanjikan sebuah ebook sebagai hadiah atas feedback yang mereka berikan. Gunakan feedback mereka tersebut untuk mengetahui jumlah permintaan dan penentuan target harga.

Dengan melihat begitu cepatnya Google mengambil kendali atas video, dan begitu agressifnya mereka memaksakan hal itu, untuk model jangka panjang, 5 -10 tahun lagi aku tidak yakin bahwa ebook masih mampu bertahan. Google dan Amazon telah bekerjasama untuk mendapat akses dari berbagai catalog yang utama dari berbagai rumah produksi untuk menjual buku mereka secara online, dalam bentuk ebook.

Saat buku-buku itu tersedia dengan harga hanya $8, akan jauh lebih sulit untuk menjual sebuah ebook dengan harga $80. Aku rasa akan lebih baik jika menjual sebuah produk sebagai sebuah jasa layanan, dan mendapatkan income secara dengan cara berlangganan jika hal itu memungkinkan. Termasuk juga video dan berbagai produk lainnya. Dan alasan mengapa dunia web begitu hebat karena dunia web sangat interaktif. Dan kebanyakan ebook tidak bisa melakukan itu.

Pertanyaan terakhir dari Darren.. Sumber-sumber SEO apa yang sering kamu baca? Dan jawaban terakhir dari a’a Aaron adalah...

Aku mungkin membaca sekitar 100 blog yang berbeda. Salah satu favoritku adalah yang agak jarang dipublikasikan, tapi mempunyai materi yang mendalam, seperti:

  • johnon.com
  • stuntdubl.com
  • seofaststart.com
  • jimboykin.com

Dan juga beberapa lainnya lagi yang biasanya mempunyai sesuatu yang unik seperti:

  • blogstorm.co.uk
  • wolf-howl.com
  • bluehatseo.com

So, bagaimana menurut mu. Apakah interview ini memberikan mu satu pandangan baru? Yup, kita mendapat satu peluang baru. Apa itu? Menurut a’a Aaron, 5-10 tahun lagi, Google dan Amazon akan mulai memasarkan berbagai buku secara online, dan mempaketnya sebagai ebook.

Jadi pada masa-masa itu, dunia ebook akan semakin kompetitif. Jadi, jika kamu mempunyai rencana untuk membuat ebook sendiri, buruan deh. Sebelum persaingannya semakin meningkat.

Tapi hal itu juga bisa menjadi khabar yang bagus bagi yang tertarik menekuni dunia bisnis program affiliasi. Dengan semakin murah dan terkenalnya ebook, ini bisa menjadi peluang yang besar bagi kita untuk ikut mengambil bagian dalam dunia yang gemerlapan itu. Jadi, bersiaplah mulai dari sekarang, jika kita tidak ingin terus tertinggal.

Tidak ada komentar:

Google